Contoh KTSP

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN …..

UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN …..

SEKOLAH DASAR ….

Alamat :

TIM PENYUSUN

KETUAANGGOTA :: (KEPALA SEKOLAH)(GURU KELAS   I )

(GURU KELAS  II )

(GURU KELAS  III)

(GURU KELAS  IV)

(GURU KELAS   V)

(GURU KELAS  VI)

(GURU PAI/BTQ )

(GURU PENJASORKES)

(GURU B.INGGRIS )

TU

NARA SUMBER

PENGAWAS TK/SD/SDLB UPTD PENDIDIKAN KEC.JEKULO

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KUDUS

UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN ….

SEKOLAH DASAR ….

Alamat :

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat ,taufiq dan hidayah Nya kepada kita, sehingga dapat menyusun Kurikulum SD ….

Peninsular Kurikulum SD ….. ini merupakan panduan penyelenggaraan pembelajaran yang berisi tentang apa, mengapa dan untuk apa kurikulum itu di sekolah. Kurikulum ini kami buat dua buku/dokumen, BUKU I dan BUKU II . BUKU I terdiri tiga bab , BAB I berisi  tentang pendahuluan yaitu latar belakang,tujuan pengembangan KTSP, pengertian KTSP, pengertian silabus dan RPP,serta prinsip pengembangan KTSP, tujuan pendidikan, visi, misi dan tujuan sekolah. BAB II berisi tentang: struktur kurikulum, muatan kurikulum yang terdiri dari mata pelajaran, muatan lokal, kegiatan pengembangan diri, pengaturan beban belajar, ketuntasan belajar, kriteria kenaikan kelas, dan kriteria kelulusan .BAB III berisi tentang Kalender Pendidikan. BUKU II terdiri dari dua bab. BAB I berisi tentang Silabus dan RPP dari SK/KD yang dikembangkan pusat. BAB II berisi Silabus dan RPP dari SK/KD yang dikembangkan SD ….. ( Mulok dan Mapel Tambahan )

Kurikulum operasional yang disusun dan akan dilaksanakan oleh SD …… ini, tentu saja masih jauh dari dari kesempurnaan. Oleh karena itu kritik dan saran dari pihak-pihak yang berkepentingan sangat kami harapkan.

Selanjutnya kami tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten ….., Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan ……, dan Pengawas TK/SD/SDLB yang telah berkenan membimbing, mengarahkan, memfasilitasi sampai kurikulum ini tersusun, semoga ada manfaatnya.

……,  ………, 2008

Kepala Sekolah


NIP.

DAFTAR ISI

Halaman Judul

Lembar Pengesahan

Tim  Penyusun………………………………………………………………………….

Kata Pengantar………………………………………………………………………..

Halaman Daftar Isi…………………………………………………………………….

BAB.I. Pendahuluan………………………………………………………………….

A. Latar Belakang……………………………………………………………..

B. Tujuan Pengembangan KTSP……………………………………………

C. Pengertian KTSP,Silabus dan RPP…………………………………………..

D. Prinsip Pengembangan KTSP………………………………………………….

E. Tujuan Pendidikan………………………………………………………………….

F. Visi, Misi dan Tujuan Sekolah……………………………………………..

BAB.II. Struktur dan Muatan Kurikulum…………………………………………..

  1. Struktur Kurikulum……………………………………………………….
  2. Muatan Kurikulum……………………………………………………….

1.Mata Pelajaran………………………………………………………..

a.Pendidikan Agama Islam   ………………………………….

b. Pendidikan Kwarganegaraan……………………………….

c. Bahasa Indonesia……………………………………………

d. Matematika……………………………………………………

e. IPA……………………………………………………………..

f. IPS………………………………………………………………

g. Seni Budaya dan Ketrampilan……………………………….

h. Pendidikan Jasmani,Olahraga, dan Kesehatan…………..

2. Muatan lokal…………………………………………………………..

a. Bahasa Jawa…………………………………………………..

b. Bahasa Inggris………………………………………………..

3. Pengembangan Diri………………………………………………….

3.1. Meliputi beragam kegiatan ekstrakurikuler sesuai minat           dan bakat…………………………………………………………………………

3.2. Kegiatan Pembiasaan………………………………………………….

3.3. Kegiatan keteladanan…………………………………………………..

3.4. Kegiatan Nasionalisme dan Patriotisme………………………….

3.5. Pekan Kreativitas siswa……………………………………………….

3.6. Pembinaan dan Bimbingan calon siswa teladan dan peserta Olimpiade MIPA………………………………………………………..

3.7. Outdoor Learning and Training……………………………………..

4. Pengaturan Beban Belajar………………………………………….

5. Ketuntatasan Belajar…………………………………………………

6. Kenaikan Kelas dan Kelulusan…………………………………….

BAB.III Kalender pendidikan………………………………………………………………….

  1. Semester I …………………………………………………………………………..
  2. Semester  II …………………………………………………………………………

KURIKULUM SD 1 KLALING

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan dari sentralisasi ke desentralisasi mendorong terjadinya perubahan dan pembaharuan pada beberapa aspek pendidikan, termasuk kurikulum. Dalam hubungannya dengan ini kurikulum sekolah dasar pun   menjadi perhatian dan pemikiran-pemikiran baru, sehingga mengalami perubahan-perubahan kebijakan.

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 ayat (2) ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diverifikasi sesuai sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Atas dasar pemikiran itu maka dikembangkan apa yang dinamakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia  Nomor 19 tahun 2005 bahwa Kurikulum  Tingkat Satuan Pendidikan pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah mengacu pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta berpedoman pada panduan dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Dengan demikian SD ….. juga berkewajiban menyusun kurikulum yang sesuai dengan lingkungan budayanya, sehingga dapat  bermakna untuk masyarakat Jekulo pada umumnya.

Kurikulum ini hanya berupa dokumen, yang akan menjadi kenyataan apabila terlaksana di lapangan dalam proses pembelajaran yang baik. Pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas, hendaknya berlangsungsung secara efektif yang mampu membangkitkan aktivitas dan kreatifitas peserta didik.

Dalam hal ini para pelaksana kurikulum terutama guru yang akan membumikan kurikulum ini dalam proses pembelajaran. Para pendidik hendaknya mampu menyiapkan pembelajaran yang menyenangkan dan mengasyikkan bagi peserta didik , sehingga mereka betah disekolah. Atas dasar kenyataan tersebut, maka pembelajaran di SD …. ini hendaknya bersifat mendidik, mencerdaskan, membangkitkan aktivitas dan kretivitas anak, efektif, demokratis, menantang, menyenangkan, dan mengasyikkan.

Dengan spirit seperti itulah kurikulum ini akan menjadi pedoman yang dinamis bagi penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di SD……, Kecamatan ……, Kabupaten ……..

B.Tujuan Penyusunan Kurikulum

Tujuan Penyusunan Kurikulum ini sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian  dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik..

C.  Pengertian

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus.

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.

D.Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

KTSP dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan di bawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan Kabupaten Kudus. Pengembangan KTSP mengacu pada SI dan SKL dan berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP, serta memperhatikan pertimbangan komite sekolah.

KTSP dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut:

1.Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.

Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan. Memiliki posisi sentral berarti kegiatan pembelajaran berpusat pada peserta didik.

2.Beragam dan terpadu

Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi daerah, jenjang dan jenis pendidikan, serta menghargai dan tidak diskriminatif terhadap perbedaan agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan jender. Kurikulum meliputi substansi komponen muatan wajib kurikulum, muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antarsubstansi.

3.Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni

Kurikulum dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berkembang secara dinamis. Oleh karena itu, semangat dan isi kurikulum memberikan pengalaman belajar peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

4.Relevan dengan kebutuhan kehidupan

Pengembangan kurikulum dilakukan dengan   melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan  kemasyarakatan, dunia usaha dan dunia kerja. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan pribadi, keterampilan berpikir, keterampilan sosial, keterampilan akademik, dan keterampilan vokasional merupakan keniscayaan.

5.Menyeluruh dan berkesinambungan

Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi,   bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan antarsemua jenjang pendidikan.

6.Belajar sepanjang hayat

Kurikulum diarahkan kepada proses pengembangan, pembudayaan, dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Kurikulum mencerminkan keterkaitan antara unsur-unsur pendidikan formal, nonformal, dan informal  dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya.

7.Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah

Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dan kepentingan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kepentingan nasional dan kepentingan daerah harus saling mengisi dan memberdayakan sejalan dengan motto Bhineka Tunggal Ika dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

E.  Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan SD ….. dirumuskan mengacu kepada tujuan umum pendidikan.

Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

F. VISI, MISI dan TUJUAN

1. Visi

Pendidikan yang berkualitas, handal dan maju dalam IPTEK dan IMTAQ.

2. Misi

  1. Meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Mewujudkan lingkungan yang bersih dan nyaman.
  3. Mengadakan kerjasama dengan komite sekolah demi kemajuan sekolah dan sisiwa.
  4. Pembekalan dasar-dasar IPTEK yang tepat guna pada siswa.
  5. Melaksanakan KBM dan PBM berorientasi kelulusan ke jenjang yang lebih tinggi.

3. Tujuan Sekolah

  1. Meraih pretasi akademik maupun non akademik,minimal tingkat kecamatan Jekulo.
  2. Mengamalkan ajaran agama, ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni sebagai hasil pembelajaran yang seimbang.
  3. Mengusai ketrampilan hidup sesuai tingkat kedewasaannya,sebagai bekal dan pengalaman untuk hidup dimasyarakat dan bekal studi lanjut.

BAB II

STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

A. Struktur Kurikulum

No. Komponen Alokasi Waktu
Kelas
I II III IV V VI
A Mata Pelajaran Pendekatan Tematik
1 Pendidikan Agama
2 Pendidikan Kwargangaraan
3 Bahasa Indonesia
4 Matematika
5 Ilmu Pengetahuan Alam
6 Ilmu Pengetahuan Sosial
7 Seni Budaya dan Ketrampilan
8 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
B Mulok
a. Bahasa Jawa
b. Bahasa Inggris
C Pengembangan Diri
Jumlah

Keterangan :

)* = Ekuivalen 2 jam Pembelajaran

  1. Satu jam pelajaran 35 menit
  2. Kelas 1,2,3 pendekatan tematik (alokasi waktu diatur sendiri )
  3. Kelas 4,5,6 pendekatan mata pelajaran.

B. Muatan Kurikulum

1. Mata Pelajaran

a. Pendidikan Agama

1) Tujuan

  • Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT.
  • Mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komonitas sekolah.

2) Ruang lingkup

Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sbb:

a)     Alquran dan Hadis

b)     Aqidah

c)      Akhlak

d)     Fiqih

e)     Tarikh dan Kebudayaan Islam

Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.

b. Pendidikan Kewarganegaraan

1) Tujuan

  • Berfikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan
  • Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi
  • Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainya
  • Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

2) Ruang Lingkup

  • Persatuan dan Kesatuan bangsa, meliputi: Hidup rukun dalam perbedaan, Cinta lingkungan, Kebangsaan sebagai bangsa Indonesia, Sumpah Pemuda, Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Partisipasi dalam pembelaan Negara, Sikap positif terhadap Negara Kesatuan Replubik Indonesia, Keterbukaan dan jaminan keadilan
  • Norma, hukum dan peraturan, meliputi: Tertib dalam kehidupan keluarga, Tata tertib di sekolah, Norma yang berlaku di masyarakat, Peraturan-peraturan daerah,Norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Sistim hokum dan peradilan nasional, Hukum dan peradilan nasional
  • Hak asasi manusia meliputi: Hak dan kewajiban anhak, Hak dan kewajiban anggota masyarakat, Instrumen nasional dan internasional HAM, Pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM
  • Kebutuhan warga negara meliputi: Hidup gotong royong, Harga diri sebagai warga masyarakat, Kebebasan berorganisasi, Kemerdekaan mengeluarkan pendapat, Menghargai keputusan bersama, Prestasi diri, Persamaan kedudukan warga negara
  • Konstitusi Negara meliputi: Proklamasi kemerdekaan dan konstitusi yang pertama, konstitusi-konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia, Hubungan dasar negara dengan konstitusi
  • Kekuasaan dan Politik, meliputi: Pemerintahan desa dan kecamatan, Pemerintah daerah dan otonomi pemerintah pusat, Demokrasi dan system politik, Budaya politik, Budaya demokrasi menuju masyarakat madani, Sistem pemerintahan, Pers dalam masyarakat demokrasi
  • Pancasila meliputi: kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara, Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara, Pengalaman nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila sebagai ideologi terbuka
  • Globalisasi meliputi: Globalisasi di lingkunganya, Politik luar negeri Indonesia di era globlalisasi, Dampak Globalisasi, Hubungan Internasional dan organisasi internasional, dan Mengevaluasi globalisasi.

c. Bahasa Indonesia

1) Tujuan

  • Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
  • Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
  • Memahami bahasa Indonesia dan menggunakanya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
  • Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan intelektual, serta kematangan emosional dan social
  • Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
  • Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia

2) Ruang Lingkup

  • Mendengarkan
  • Berbicara
  • Membaca
  • Menulis

d. Matematika

1) Tujuan

  • Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah
  • Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika
  • Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
  • Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain,untuk memperjelas keadaan atau masalah
  • Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah

2) Ruang Lingkup

  • Bilangan
  • Geometri dan pengukuran
  • Pengolahan data

e. Ilmu Pengetahuan Alam

1). Tujuan

  • Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya
  • Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalm kehidupan sehari-hari
  • Mengmbangkan rasa ingin tahu, sikap positip dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat
  • Mengembangkan ketrampilan proses untuk meyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan
  • Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam
  • Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturanya sebagai salah satu ciptan Tuhan
  • Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan ke SMP/MTs

2). Ruang lingkup

Ruang lingkup bahan kajian IPA untuk SD meliputi apek-aspek berikut.

  • Makhluk hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan,dan interaksinya dengan lingkungan, serta kesehatan
  • Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaanya meliputi: cair, padat, gas
  • Energi dan perubahanya meliputi: gaya, bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya dan pesawat sederhana
  • Bumi dan alam semesta meliputi: tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit lainya

f. Ilmu Pengetahuan Sosial

1). Tujuan

  • Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkunanya
  • Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan ketrampilan dalam kehidupan social
  • Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai social dan kemanusiaan
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global

2). Ruang Lingkup

  • Manusia, tempat, dan lingkungan
  • Waktu, keberlanjutan, dan perubahan
  • Sistem sosial dan budaya
  • Perilaku ekonomi dan Kesejahteraan

g. Seni Budaya dan Keterampilan

1). Tujuan

  • Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan
  • Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan
  • Menampilkan kreativitas melalui seni budaya dan keterampilan
  • Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global

2). Ruang Lingkup

  • Seni rupa, mencakup pengetahuan, keterampilan, dan nilai dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya
  • Seni musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vocal, memainkan alat musik, apresiasi karya musik
  • Seni tari, mencakup keterampilan gerak berdasarka olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari
  • Seni drama, mencakup keterampilan pementasan dengan memadukan seni musik, seni tari dan peran
  • Keterampilan, mencakup segala aspek kecakapan hidup ( life skills ) yang meliputi keterampilan personal, keterampilan sosial, keterampilan vokasional dan keterampilan akademik. Adapun SD 1 Klaling dalam mengembangkan life skills ini, memprogramkan kegiatan :

(1)   Kegiatan perkebunan yaitu pertanian rakyat setempat yang menjadi mata pencaharian andalan untuk membantu menambah penghasilan keluarga kelak.

(2)   Mengembangkan koperasi sekolah agar memberi pangalaman kepada peserta didik dibidang perdangan dan usaha kecil.

h. Pendidikan Jasmani

1). Tujuan

  • Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaankebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih
  • Meningakatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik
  • Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
  • Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
  • Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis
  • Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
  • Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.

2). Ruang Lingkup

  • Permainan dan olahraga meliputi: olahraga tradisional, permainan eksplorasi gerak, keterampilan lokomotor non-lokomotor, dan manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tennis meja, tennis lapangan, bulu tangkis, dan bela diri, serta aktivitas lainya
  • Aktivitas pengembangan meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk  postur tubuh serta aktivitas lainya
  • Aktivitas senam meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, da senam lantai, serta aktivitas lainya
  • Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta aktivitas lainya
  • Aktivitas air meliputi: permainan di air, keselamatan air, keterampilan bergerak di air, dan renang serta aktivitas lainya
  • Pendidikan luar kelas, meliputi: piknik/karya wisata, pengenalan lingkungan, berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung
  • Kesehatan, meliputi penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah dan merawat cidera, mengatur waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek tersendiri, dan secara implisit masuk ke dalam semua aspek.

2. Muatan Lokal

a. Bahasa Jawa.

Tujuan :

  • Mengembangkan kemampuan dan ketrampilan berkomunikasi peserta didik dengan menggunakan bahasa jawa yang benar.
  • Meningkatkan kepekaan dan penghayatan terhadap karya seni sastra jawa.
  • Memupuk tanggung jawab untuk melestarikan hasil kreasi budaya jawa sebagai salah satu unsur kebudayaan nasional.

b. Bahasa Inggris

1. Tujuan

  • Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas untuk mengiringi tindakan ( language accompanying action ) dalam konteks sekolah
  • Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global

2. Ruang lingkup

  • Mendengarkan
  • Berbicara
  • Membaca
  • Menulis

3.Pengembangan diri

3.1. Meliputi beragam kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan minat dan bakat peserta didik yang terdiri atas :

  1. a. Kewiraan
    1. Pramuka

Kegiatan kepramukaan ditangani oleh Pembina khusus dengan dibantu oleh para pendidik. Jadwal kegiatannya dilaksanakan seminggu sekali tiap Jumat jam 15.00.

  1. PBB

Kegiatan ini ditangani langsung guru penjasorkes .Jadwal kegiatannya dilksanakan di hari sabtu pada jam tambahan satu jam setelah jam sekolah usai.

  1. b. Olah raga
    1. Bulutangkis

Bulu Tangkis yang dikembangkan oleh SD …. merupakan pendidikan bercirikan lokal sekolah, yang diarahkan kepada kondisi global. Sehingga mampu memberi ciri sekolah dikancah kehidupan global.

Kegiatan olah raga ini selain dilaksanakan disekolah . Guru Penjasorkes sebagai Pembina maka memfasilitasi pada setiap latihan di sekolah.

  1. c. Seni
    1. Seni rupa

Seperti halnya bulu tangkis, seni rupa ini sekolah berusaha menggali potensi peserta didik agar dapat mewarnai sekolah di era global, sebagai ciri khas SD ……

Kegiatan seni rupa diprogramkan sekolah dengan mengundang tenaga ahli untuk membimbing peserta didik yang memilih ketrampilan ini. Jadwal kegiatan dilaksanakan seminggu sekali setiap Sabtu jam 11.00 s.d 12.00.

  1. Seni baca Alquran

Seni baca Alquran dilaksanakan pada jam nol sebelum masuk yaitu jam 6.30 seminggu dua kali, diikuti kelas IV,V,VI. Pembimbing Guru Pendidikan Agama Islam.

3.2. Kegiatan Pembiasaan

a. Pembiasaan Rutin

Merupakan proses pembentukan akhlak dan penanaman/pengalaman ajaran Islam.

Adapun kegiatannya meliputi :

1)     Berdoa ketika akan mulai pelajaran

2)     Salat berjamaah

3)     Upacara Bendera

4)     Tadarus Alquran (Juz ‘Amma)

b.Pembinaan Terprogram

Merupakan proses pembentukan akhlak dan penanaman/pengalaman ajaran Islam.

Adapun kegiatannya meliputi :

Kegiatan Keagamaan

1)     Pesantren Ramadan

2)     Pelaksanaan zakat fitrah

3.3. Kegiatan keteladanan

1)     Pembinaan ketertiban memakai seragam sekolah.

2)     Pembinaan kedisiplinan

3)     Penanaman Nilai Akhlak Islami

4)     Penanaman budaya minat baca

5)     Penanaman budaya keteladanan :

(a)   Penanaman budaya bersih diri

(b)   Penanaman budaya bersih lingkungan kelas dan sekolah.

(c)   Penanaman budaya lingkungan hijau

(d)   Peringatan hari lingkungan hidup.

3.4. Kegiatan Nasionalisme dan Patriotisme

1)     Peringatan Hari Kemerdekaan RI

2)     Peringatan Hari Pahlawan

3)     Peringatan Hari Pendidikan Nasional.

3.5. Pekan Kreativitas siswa

1)     Lomba kreativitas dan karya cipta.

2)     Ekskul on The Road

3.6. Pembinaan dan Bimbingan bagi calon siswa teladan dan siswa peserta Olimpiade MIPA.

3.7. Outdoor Learning and Training

1)     Kunjungan Belajar

2)     Outbound

4.Pengaturan Beban Belajar

Beban belajar yang digunakan adalah sistem paket sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum yaitu    :

Kelas Satu jam pembelajaran tatap muka/ menit Jumlah jam pembelajaran/ minggu Minggu efektif      per-tahun ajaran Waktu pembelajaran   per tahun
I
II
III
IV
V
VI

5. Ketuntatasan Belajar

Kriteria Ketuntasan  Minimal ( KKM )

No. MATA PELAJARAN KKM TIAP KELAS
I II III IV V VI
1 Pendidikan Agama
2 Pendidikan Kwarganegaraan
3 Bahasa Indonesia
4 Matematika
5 Ilmu Pengetahuan Alam
6 Ilmu Pengetahuan Sosial
7 Seni Budaya dan Ketrampilan
8 Pendidikan Jasmani, OR dan Kesehatan
9 Mulok
a.Bahasa Jawa
b.Bahasa Inggris

Kriteria Ketuntasan  Minimal ( KKM ) ditetapkan dengan surat keputusan kepala sekolah.

6. Kenaikan Kelas dan Kelulusan

a. Kenaikan Kelas

Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran.

Kreteria Kenaikan Kelas      :

  1. Siswa dinyatakan naik kelas setelah menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada dua semester di kelas yang diikuti.
  2. Tidak terdapat nilai dibawah KKM , maksimal tiga (3) Mata Pelajaran yang meliputi :
    1. Pendidikan Kewarganegaraan
    2. Pendidikan Agama
    3. Bahasa Indonesia
    4. Memiliki nilai minimal Baik untuk aspek kepribadian pada semester yang diikuti.

b. Kreteria Kelulusan

  1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
  2. Memperoleh nilai minimal Baik untuk seluruh kelompok Mata Pelajaran : Agama dan Akhlaq mulia, Kewarganegaraan dan kepribadian, Estetika, Pendidikan Jasmani Olah raga dan Kesehatan.
  3. Lulus Ujian sekolah untuk kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
  4. Lulus Ujian Nasional

Kriteria nilai minimal lulus ujian nasional pada tiap mata pelajaran, diatur dalam surat keputusan kepala sekolah.

BAB III

KALENDER PENDIDIKAN

SD 2008/2009

A.SEMESTER 1

No. BULAN TANGGAL URAIAN HARI EFEKTIF
1 JULI 14-1617-29

30

31

Hari pertama sekolah Th.Pelajaran 2008/2009Hari Efektif KBM

Libur Isra’ Mi’raj 1429 H.

Hari Efektif KBM

12
2 AGUSTUS 1-911

13-14

15-16

18

19-29

30

Hari Efektif KBMGerak jalan Tk.Kecamatan

HUT Pramuka/Kemah

Hari Efektif KBM

Upacara HUT Kemerdekaan

Hari Efektif KBM

Libur awal Ramadan

25
3 SEPTEMBER 1-23-6

8

9-23

24-30

Libur awal RamadanHari Efektif KBM

Upacara HAORNAS

Hari Efektif KBM

Libur Idul Fitri 1429 H

18
4 OKTOBER 12-8

9-18

20-23

24-27

28

29-31

Idul Fitri 1429 HLibur Idul Fitri 1429 H

Hari Efektif KBM

Mid Semester 1

Hari Efektif KBM

Upacara Hari Sumpah Pemuda

Hari Efektif KBM

20
5 NOPEMBER 1-810

11-29

Hari Efektif KBMUpacara Hari Pahlawan

Hari Efektif KBM

25
6 DESEMBER 1-68

9

10-15

16-19

20

22-31

Tes Praktik smt 1HR Idul Adha 1429 H

Hari Efektif KBM

Tes semester 1

Hari Efektif KBM

Penerimaan Raport

Libur smt 1

18

B.SEMESTER 2

No. BULAN TANGGAL URAIAN HARI EFEKTIF
7 JANUARI 1-35-24

26

27-31

Libur smt 1Hari Efektif KBM

Tahun baru Imlek 2560

Hari Efektif KBM

23
8 FEBRUARI 2-1314

16-24

25

26-28

Hari Efektif KBMLibur umum

Hari Efektif KBM

Libur umum

Hari Efektif KBM

23
9 MARET 2-79

10-25

26

27-31

Hari Efektif KBMMaulid Nabi Muhammad saw

Hari Efektif KBM

Libur HR Nyepi

Hari Efektif KBM

25
10 APRIL 1-910

11

13-16

17-30

Hari Efektif KBMLibur wafat Isa Almasih

Hari Efektif KBM

Mid smt 2

Hari Efektif KBM

25
11 MEI 12

4-6

7-8

9

11-13

14-16

18-20

21

22-30

Hari Efektif KBMUpacara Hardiknas

Tes Kemampuan Dasar

Hari Efektif KBM

Libur hari Waisak

UASBN

Hari Efektif KBM

UASBN Susulan

Libur Kenaikan Isa Almasih

Hari Efektif KBM

24
12 JUNI 1-68-13

15-19

20

22-30

Tes Praktik smt.2Tes smt.2

Hari Efektif KBM

Penerimaan Raport

Libur akhir tahun 2008/2009

17
13 JULI 1-1113-31 Libur akhir tahun 2008/2009Tahun Pelajaran 2009/2010

~ oleh deeyan7 pada 6 Maret 2010.

Satu Tanggapan to “Contoh KTSP”

  1. I’m pretty pleased to discover this page. I need to to thank you for ones time just for this wonderful read!!
    I definitely really liked every part of it and I have you
    saved as a favorite to check out new information on your blog.

Tinggalkan komentar