Perangkat Akreditasi

PERANGKAT AKREDITASI

SD/MI

INSTRUMEN PENMGUMPULAN DATA DAN INFORMASI

PENDUKUNG AKREDITASI

SD /MI

BADAN AKREDITASI NASIONAL SEKOLAH/MADRASAH

2009

SALINAN

LAMPIRAN III :  PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

NOMOR 11 TAHUN 2009 TANGGAL 4 MARET 2009

INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA DAN INFORMASI PENDUKUNG AKREDITASI SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH ( SD/MI )

PETUNJUK

  1. Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi SD/MI merupakan tabel ata isian yang diisi oleh sekolah/madrasah, sebagai data pendukung dalam pengisian instrumen akreditasi.
  1. Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi merupakan satu kesatuan dengan instrumen akreditasi SD/MI dan petunjuk teknis pengisiannya harus sesuai dengan kenyataan yang ada di sekolah/madrasah.
  1. Pengisian Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi SD/MI merupakan tanggung jawab sepenuhnya dari kepala sekolah/madrasah.
  1. Apabila perlu, sekolah/madrasah membentuk tim yang teridiri atas pihak-pihak relevan, agar dapat mengisi seluruh butir dalam Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi SD/MI dengan akurat, tepat an obyektif.
  1. telitilah kembali jawaban untuk setiap butir pernyataan secara seksama sebelum diserahkan kepada BAP-S/M, sebab data tersebut merupakan data pendukung sebagai bahan kelengkapan untuk visitasi asesor ke sekolah/madrasah.

INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA DAN INFORMASI PENDUKUNG AKREDITASI SD/MI

Nama Sekolah/ Madrasah                    : SDN

Nomor Statistik Sekolah/ Madrasah      :

Nama Kepala Sekolah/Madrasah         :

Alamat Sekolah/Madrasah                 :

  1. Standar Isi
    1. Pelaksanaan kurikulum berdasarkan muatan KTSP ( isi menurut apa yang terjadi di sekolah/madrasah saudara ).
No. Komponen Muatan KTSP
1. Mata Pelajaran :

1).Pendidikan Agama                  6). Ilmu Pengetahuan Sosial

2).PendidikanKwarganegaraan   7). Seni Budaya dan Ketrampilan

3).Bahasa Indonesia                    8). Pendidikan Jasmani, OR dan Kesehatan

4). Matematika

5). Ilmu Pengetahuan Alam

2. Mata Pelajaran Muatan Lokal :

1). Bahasa Jawa

2). Bahasa Inggris

3. Kegiatan pengembangan Diri :

1).Kewiraan   : a.  Pramuka            b. PBB

2).Olah Raga/UKS

3).Seni

4). Bahasa Arab

4. Pengaturan Beban Belajar*

Kelas Satu jam pembelajaran tatap muka/ menit Jumlah jam pembelajaran/ minggu Minggu efektif      per-tahun ajaran Waktu pembelajaran   per tahun
I
II
III
IV
V
VI
5. Ketuntasan Belajar**

No. MATA PELAJARAN KKM TIAP KELAS
I II III IV V VI
1 Pendidikan Agama
2 Pendidikan Kwarganegaraan
3 Bahasa Indonesia
4 Matematika
5 Ilmu Pengetahuan Alam
6 Ilmu Pengetahuan Sosial
7 Seni Budaya dan Ketrampilan
8 Pendidikan Jasmani, OR dan Kesehatan
9 Mulok
6. Kriteria Kenaikan kelas ***

  1. Siswa dinyatakan naik kelas setelah menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada dua semester di kelas yang diikuti.
  2. Tidak terdapat nilai dibawah KKM , maksimal tiga (3) Mata Pelajaran yang meliputi :
  3. Pendidikan Kwarganegaraan
  4. Pendidikan Agama
  5. Bahasa Indonesia
  6. Memiliki nilai minimal Baik untuk aspek kepribadian pada semester yang didikuti.

Kriteria Kelulusan :

  1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
  2. Memperoleh nilai minimal Baik untuk seluruh kelompok Mata Pelajaran : Agama dan Akhlaq mulia, Kwarganegaraan dan kepribadian, Estetika,Pendidikan Jasmani Olah raga dan Kesehatan.
  3. Lulus Ujian sekolah untuk kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
  4. Lulus Ujian Nasional
7. Pendidikan Kecakapan Hidup :

1).

2).

8. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global dalam bentuk :

Keterangan         * Lampirkan Kalender Akademik dan Jadwal Pelajaran.

**  Isi dengan Singkatan Mata Pelajaran dan KKM.

*** Lampirkan Kriteria Kenaikan Kelas dan Kelulusan.

  1. Pihak-pihak yang Terlibat dalam Pengembangan Kurikulum.
No. Pihak-pihak yang Terlibat
1. Narasumber
2. Kepala sekolah, Guru
3. Komite
  1. Prinsip Pengembangan KTSP Sekolah/Madrasah.
No. Prinsip Pengembangan KTSP
1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungan.
2. Beragam dan terpau
3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
5. Menyeluruh dan berkesinambungan.
6. Belajar sepanjang hayat.
7. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
  1. Mekanisme yang Dilalui dalam Penyusunan KTSP.
No. Mekanisme yang Dilalui
1. Melibatkan tim penyusun ( guru, konselor, kepala sekolah/madrasah, komite sekolah/madrasah )
2. Dilakukan melalui workshop
3. Kegiatan review dan revisi
4. Menghadirkan narasumber
5. Finalisasi KTSP
6. Pemantapan dan penilaian
7. Pendokumentasian hasil penyusunan kurikulum
  1. Prinsip Pelaksanaan KTSP.
No. Prinsip Pelaksanaan KTSP
1. Siswa harus mendapatkan layanan pendidikan yang bermutu, serta mempoeroleh kesempatan untuk mengekspresikan dirinya secara bebas, dinamis dan menyenangkan.
2. Menegakkan 5 pilar belajar.
3. Sisiwa mendapatkan layanan yang bersifat perbaikan dan pengayaan.
4. Suasana hubungan siswa dan guru yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka dan hangat.
5. Menggunakan pendekatan multistrategi dan multimedia.
6. Mendayagunakan kondisi alam, sosial dan buaya serta kekayaan daerah.
7. Diselenggarakan dalam keseimbangan, keterkaitan dan kesinambungan yang cocok dan memadai antar kelas dan jenis serta jenjang pendidikan.
  1. Mata Pelajaran Muatan Lokal yang Diajarkan di Sekolah/Madrasah.

a). Bahasa Jawa

b). Bahasa Inggris

Pihak-pihak yang Terlibat dalam Proses Penyusunan Mata Pelajaran Muatan Lokal.

No. Pihak-pihak yang Terlibat
1.
2.
3.
  1. Jenis-jenis Kegiatan Konseling yang Dilakukan Sekolah/Madrasah.

a). Konseling masalah belajar

b). konseling / bimbingan kenakalan anak

c). Konseling / bimbingan anak malas sekolah.

d). Konseling untuk anak mengarah ke prestasi

e). Dst.

  1. Jenis Kegiatan Ekstrakulikuler yang Dilakukan Sekolah/Madrasah.

a). Bahasa arab

b). Pramuka

c). UKS

d). Olah raga

e).

f). Dst.

  1. Kesesuaian Antara Indikator, Kompetensi Daar dan Standar Kompetensi.
No. Mata Pelajaran Tingkat kesesuaian
Sangat Sesuai Sesuai Kurang Sesuai Sangat Tidak Sesuai
1. PAI
2. PKn
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. IPA
6. IPS
7. SBK
8. PJOK
9. Bahasa Jawa
10.
  1. Beban Belajar yang Ditetapkan oleh Sekolah/Madrasah.
No. Pembelajaran Jumlah
1. 1 Jam Tatap Muka Kelas 1 s.d 3
2. 1 Jam Tatap Muka Kelas 4 s.d 6
3. Jumlah Jam Pembelajaran Per Minggu kelas 1 s.d 3
4. Jumlah Jam Pembelajaran Per Minggu kelas 4s.d 6
5. Jumlah Minggu Efektif Per Tahun
  1. Penugasan tersetruktur dan kegiatan mandiri tidak tersetruktur maksimal 40 % dari alokasi waktu tiap mata pelajaran.
No. Jenis tugas Terstruktur Tdk.terstruktur
1. Mengerjakan LKS
2. Mengerjakan soal-soal buatan guru
3. Mengerjakan tugas-tugas dari guru
4. Tugas membaca dan mengerjakan topik bacaan tertentu
  1. Dokumen KTSP ( 1 )
  2. Dokumen Pengembangan Silabus ( Isi Jenis Dokumen yang Relevan dengan Kegiatan Pengembangan Silabus ).
No. Langkah Pengembangan Silabus Ketersediaan Dokumen*
Ada Tidak
1. Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ( Pemetaan )
2. Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran
3. Mengembangkan kegiatan Pembelajaran
4. Merumuskan Indikator Pencapaian kompetensi
5. Menentukan Jenis Penilaian
6. Menentukan Alokasi Waktu
7. Menentukan Sumber Belajar

*) Isilah dengan Memberi Tanda ( Ö ) pada Kolom “ada” atau “tidak”.

  1. Mata Pelajaran yang Memiliki Silabus Pelajaran yang Disiapkan oleh Guru Mata Pelajaran.
No. Mata Pelajaran Kelas
1. PAI
2. PKn
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. IPA
6. IPS
7. SBK
8. PJOK
9. Bahasa Jawa
10.
  1. Dokumen KTSP ( 2 )/Dokumen silabus
  2. KKM Mata Pelajaran.
No. Mata Pelajaran Nilai KKM ( 1 – 100 )
1. PAI
2. PKn
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. IPA
6. IPS
7. SBK
8. PJOK
9. Bahasa Jawa
10.
  1. Aspek yang Diperhatikan dalam Penentuan KKM.
No. Aspek yang Diperhatikan Ya Tidak
1. Karakteristik Siswa
2. Karakteristik Mata Pelajaran
3. Kondisi Sekolah/Madrasah

*) Isilah dengan Memberi Tanda ( Ö ) pada Kolom “ya” atau “tidak”.

  1. Komponen kalener Akademik Sekolah/ Madrasah.
No. Aspek yang Diperhatikan Ketersediaan ( * )
Ada Tidak
1. Jadwal Awal Tahun Pelajaran
2. Minggu Efektif
3. Pembelajaran Efektif
4. Hari Libur

Keterangan : * Isilah dengan Memberi Tanda ( Ö ) pada Kolom Jawaban “Ketersediaan”

  1. Standar Proses
  1. Mata Pelajaran yang Memiliki RPP dengan Lengkap.
No. Mata Pelajaran
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
  1. Mata Pelajaran yang RPP-nya Telah Memenuhi 6 Prinsip Penyusunan RPP.
No. Mata Pelajaran
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
  1. Persyaratan Proses Pembelajaran
No. Mata Pelajaran
1. Jumlah Siswa Tiap Kelas =         ….             Siswa
2. Jumlah Beban Jam Mengajar Guru =      …..  Jam/Minggu
3. Perbandingan Jumlah Buku Teks : Siswa =       ….        :          …
4. Pengelolaan Kelas yang Dilakukan :

  1. guru mengatur tempat duduk sesuai dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran, serta aktifitas pembelajaran yang akan dilakukan.
  2. Volume dan intonasi suara guru dalam proses pembelajaran harus dapat didengar dengan baik oleh siswa.
  3. Tutur kata guru santun dan dapat dimengerti oleh siswa.
  4. Guru menyesuaikan materi pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan belajar siswa.
  5. Guru menciptakan ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, keselamatan dan kepatuhan pada peraturan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran.
  6. Guru memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung.
  7. Guru menghargai siswa tanpa memandang latar belakang agama, suku, jenis kelamin dan status sosial ekonomi.
  8. Guru menghargai pendapat siswa.
  9. Guru memakai pakaian yang sopan, bersih dan rapi.
  10. Pada tiap awal semester guru menyampaikan silabus mata pelajaran yang diajarkannya.
  11. Guru memulai dan mengakhiri proses pembelajaran sesuai dengan waktu yang dijadwalkan.
  1. Langkah-langkah Pembelajaran yang Dilakukan
No. Langkah-langkah Mata Pelajaran
1.
2.
3.
4.
5.
  1. dan 24. Pelaksanaan Pembelajaran
Kelas Pendekatan
Tematik Mata Pelajaran Lain-lain
I
II
III
IV
V
VI
  1. Pemantauan Proses Pembelajaran
No. Tanggal Pemantauan Nama Guru yang Dipantau Tahap yang Dilakukan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
  1. Supervisi Proses Pembelajaran
No. Tanggal Supervisi Nama Guru yang Disupervisi Cara yang Dilakukan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
  1. Evaluasi Proses Pembelajaran
No. Tanggal Evaluasi Nama Guru yang Dievaluasi Aspek yang Dievaluasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
  1. Pelaporan Pengawasan Proses Pembelajaran
No. Tanggal Pelaporan Pihak yang Mendapat Laporan Keterangan
1.
2.
3.
  1. Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Proses Pembelajaran
No. Hasil Pengawasan Bentuk Tindak Lanjut
1. Baik
2. Cukup
  1. Standar Kompetensi Lulusan
  1. Kegiatan Belajar Siswa yang berkaitan dengan Kemampuan Berpikir Logis, Kritis dan Kreatif.
No. Mata Pelajaran Iptek Kelas KKM
1. Bahasa Indonesia
2. Matematika
3. IPA
4. IPS
5. PJOK
Rata – rata
  1. Kegiatan Belajar Siswa Berkaitan dengan Pengalaman Menunjukkan Rasa Keingintahuan yang Tinggi dan Menyadari Potensinya.
No. Jenis Kegiatan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1.
2.
3.
4.
  1. Kegiatan Untuk Memperoleh pengalaman Belajar yang Dapat Menganalisis Gejala Alam dan Sosial di Lingkungan Sekitar.
No. Jenis Kegiatan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
  1. Penggunaan Berbagai Fasilitas Oleh Siswa
No. Jenis Fasilitas Keterediaan* Jumlah Siswa yang Terlibat
Ada Tidak
1. Bahan Ajar
2. Buku Teks
3. Perpustakaan
4. Laboratorium
5. Internet

Keterangan : * Isilah dengan Memberi Tanda ( Ö ) pada Kolom Jawaban “Ketersediaan”

  1. Kegiatan belajar Siswa yang Berkaitan dengan Kegemaran Membaca dan Menulis.
No. Jenis Kegiatan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
  1. Kegiatan Belajar Siswa Berkaitan dengan Kecintaan dan Kepedulian Terhadap Lingkungan.
No. Jenis Kegiatan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
  1. Kegiatan Seni Budaya Lokal
No. Jenis Kegiatan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
  1. Kegiatan Siswa Untuk Mematuhi Aturan-aturan Sosial yang Berlaku dalam Lingkungannya.
No. Jenis Kegiatan Waktu Pelaksanaan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
  1. Kegiatan Belajar Siswa yang Menunjukkan kecintaan dan Kebanggan Terhadap Bangsa, negara dan Tanah Air Indonesia.
No. Jenis Kegiatan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1.
2.
3.
4.
  1. Kegiatan Belajar Siswa yang Menunjukkan Kebiasaan Hidup bersih, Sehat, Bugar, Aman dan Memanfaatkan Waktu Luang.
No. Jenis Kegiatan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1.
2.
3.
4.
5.
6.
  1. Kegiatan Belajar Siswa Memperoleh Pengalaman Menjalankan Ajaran Agama yang Dianut Sesuai dengan Tahap perkembangan Anak.
No. Jenis Kegiatan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1.
2.
3.
4.
5.
6.
  1. Kegiatan Belajar Siswa Memperoleh Pengalaman Menghargai Keberagaman Agama, Budaya, Suku, Ras dan Golongan Sosial Ekonomi di Lingkungan Sekitar.
No. Jenis Kegiatan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1.
2.
3.
4.
5.
6.
  1. Kegiatan Siswa Memperoleh Pengalaman Bekerjaama dalam Kelompok, Tolong-menolong dan Menjaga Diri Sendiri dalam Lingkungan Keluarga dan Teman.
No. Jenis Kegiatan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1.
2.
3.
4.
5.
6.
  1. Kegiatan Belajar Siswa yang Berkaitan dengan Pemecahan Masalah-masalah Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari.
No. Jenis Kegiatan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1.
2.
3.
4.
5.
6.
  1. Kegiatan belajar Siswa yang Berkaitan dengan Berkomunikasi Baik Lisan Maupun Tulisan.
No. Jenis Kegiatan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1.
2.
3.
4.
5.
6.
  1. Kegiatan Terkait dengan Kemampuan Memperoleh keterampilan Menyimak, Berbicara, Membaca, Menulis dan Berhitung.
No. Jenis Kegiatan Keterediaan* Jumlah Siswa yang Mengikuti
Ada Tidak
1. Menyimak
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis
5. Berhitung

Keterangan : * Isilah dengan Memberi Tanda ( Ö ) pada Kolom Jawaban “Ketersediaan”

  1. Rata-rata Hasil UASBN
  • Tahun pelajaran …../….. :
  • Tahun pelajaran …../….. :

IV.  Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

  1. Jumlah guru yang dimiliki sekolah/madrasah dan kualifikasinya.         Jumlah guru …………orang.

Jumlah guru yang telah memiliki sertifikat pendidik :………. orang.

Kualifikasi :

No. Tingkat Pendidikan Jumlah dan Status Guru Jumlah
GT*/PNS GTT**/Guru Bantu
L P L P
1. S3/S2
2. S1
3. D4
4. D3/Sarjana Muda
5. D2
6. D1
7. SMA Sederajat
Jumlah

Keterangan : *    GT   =    Guru Tetap ( Bagi Sekolah/Madrasah Swasta )

** GTT= Guru Tidak Tetap ( Baik Sekolah/Madrasah Negeri/Swasta )

  1. Jumlah Guru yang Mengajar Memiliki Latar Belakang Pendidikan sesuai dengan Mata Pelajaran yang Diajarkan.
No Guru Mata Pelajaran Jumlah Guru dengan Latar Belakang Pendidikan sesuai Mata Pelajaran yang Diajarkan Jumlah Guru dengan Latar Belakang Pendidikan yang tidak sesuai Mata Pelajaran yang Diajarkan Jml
D1/

D2

D3/

Sarmud

S1

/

D4

S2

/

S3

D1

/

D2

D3/

Sar

mud

S1

/

D4

S2

/

S3

1. Pendidi

kan Agama

2. Pendidi

kan Jasmani

3. Kesenian
  1. Guru  memiliki kompetensi pedagogik  . (lihat RPP)
  2. Guru  memiliki kompetensi kepribadian .(tidak pernah terlibat masalah kriminal)
  3. Guru  memiliki kemampuan berkomonikasi dengan sesama pendidik,tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat ( notulen rapat dewan guru).
  4. Guru  memiliki kesehatan jasmani dan rohani dalam melksanakan tugas (lihat daftar hadir guru)
  5. Dokumen foto copy SK Kepala Sekolah dan Sertifikat Pendiik dan Jadwal mengajar.
  6. Dokumen foto copy Ijazah dan sertifikat pendidik
  7. Dokumen Surat keterangan pengalaman mengajar.
  8. Kepala sekolah memiliki kompeteni kepribadian.
  9. Dokumen data lulusan yang diterima di SMP/Mts terakreditasi … tahun terakhir.
  10. Dokumen penggalangan dana dari masyarakat.
  11. Dokumen surat perjanjian kerjasama dengan fihak lain untuk kepentingan sekolah.
  12. Dokumen Jadwal dan bukti pelaksanaan supervisi.
  1. Jumlah Tenaga Administrasi : –  Orang.
No. Tanaga Pendidikan Jumlah
1. S1
2. Diploma
3. SMA/Sederajat
4. SMP
5. SD
Jumlah
  1. Dokumen foto copy Ijazah yeng sesuai bidang tugas administrsi.=
  2. Jumlah Tanaga Perpustakaan :
No. Tanaga Pendidikan Jumlah
1. S1
2. Diploma
3. SMA/Sederajat
4. SMP
5. SD
Jumlah
  1. Dokumen foto copy Ijazah tenaga perustakaan = ada surat tugas untuk guru yang menangani perpustakaan
  2. Jumlah Tenaga Layanan Khusus : 1  Orang.
No. Jenis Tenaga Layanan Khusus Jumlah
1. Penjaga sekolah
2. -
3. -
Jumlah
  1. Standar Sarana dan Prasarana
  1. Luas Lahan Sekolah/madrasah : ………. m2
  2. Pengamatan Asesor : Pengamatan Asesor : Dokumen surat keterangan tentang peruntukan bangunan sekolah : mempunyai IMB
  3. Luas Lantai Sekolah/Madrasah : ……..m2.
  4. Pengamatan Asesor :
  5. Sanitasi di Dalam dan Luar Bangunan.
No. Jenis Sanitasi Keterediaan*
Ada Tidak
1. Sanitasi di dalam dan di luar bangunan
2. Saluran air kotor / limbah
3. Tempat sampah ( cukup )
4. Saluran air hujan
5.

Keterangan : * Isilah dengan Ketersediaan Jenis Sanitasi

  1. Pengamatan Asesor : Daya Instalasi Listrik yang Dimiliki Sekolah/Madrasah : Watt.
  2. …..  ada
  3. .RAPBS  Alokasi dana pemeliharaan :
  4. Memiliki sarana
  5. Ruang kelas.
  6. Sekolah/Madrasah memiliki Perpustakaan dengan Koleksi Buku sebagai berikut :
No. Jenis Jumlah Kondisi *
Baik Rusak
1. Buku Siswa/Pelajaran ( Semua Mata Pelajaran )
2. Buku Panduan Guru
3. Buku Pengayaan
4. Buku Referensi ( Misalnya : Kamus, Ensiklopedia, dsb )
5. Lainnya :………………………………….
Total

Keterangan : * Isilah dengan Ketersediaan Buku di Perpustakaan.

  1. Sekolah/Madrasah Memiliki Buku Teks yang Telah Ditetapkan dengan Permendiknas.
No. Jenis Kelas Jumlah Kondisi *
Baik Rusak
1. PKn
2. BSE ( PKn )
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. IPA
6. IPS
7. BSE ( IPS )
Total

Keterangan : * Isilah dengan Memberi Tanda ( Ö ) pada Kolom Jawaban “Ada” atau “Tidak”.

  1. Semua buku dimanfaatkan oleh siswa
  2. Jenis Peralatan Laboratorium IPA sebagai berikut :
No. Jenis Rasio Kondisi *
Baik Rusak
1. Perabot
1.1 Lemari
2. Peralatan Pendidikan
2.1 Model Kerangka Manusia
2.2 Model Tubuh Manusia
2.3 Globe
2.4 Model Tata Surya
2.5 Kaca Pembesar
2.6 Cermin Datar
2.7 Cermin Cekung
2.8 Cermin Cembung
2.9 Lensa Datar
2.10 Lensa Cekung
2.11 Lensa Cembung
2.13 Magnet Batang
Poster IPA, terdiri dari :

a). Metamorfosis

b). Hewan Langka

c). Hewan Dilindungi

d). Tanaman Khas Indonesia

e). Contoh Ekosistem

f). Sistem-sistem Pernafasan Hewan

Keterangan : * Isilah dengan Jumlah dan Kondisi Perabot/Peralatan yang Tersedia di Laboratorium.

  1. Ruang pimpinan dan guru memiliki luas dan sarana sesuai dengan ketentuan.
  2. Ruang pimpinan dan guru memiliki luas dan sarana sesuai dengan ketentuan.
  3. Memiliki luas dan sarana sesuai dengan ketentuan.
  4. Memiliki luas dan sarana sesuai dengan ketentuan.
  5. Memiliki luas dan sarana sesuai dengan ketentuan
  6. Luas Gudang adalah : ……20…………m2.

Sarana Gudang :

No. Jenis Rasio Kondisi *
Baik Rusak
1. Lemari 1 Ö
2. Rak 1 Ö

Keterangan : * Isilah dengan Memberi Tanda ( Ö ) pada Kolom Jawaban “Baik” atau “Tidak”, sesuai Kondisi jenis Sarana dalam Gudang.

  1. Luas dan kualitas ruang sirkulasi sesuai dengan ketentuan.
  2. tempat bermain/berolah raga memiliki luas dan sarana sesuai dengan ketentuan

VI.  Standar Pengelolaan

  1. Visi mudah difahami dan sering disosialiasikan karena ditulis pada dinding sekolah.
  2. Misi mudah difahami dan sering disosialiasikan karena ditulis pada dinding sekolah.
  3. Tujuan lembaga pernah disosialisasikan.
    1. a).  Rencana kerja Jangka Menengah ( Empat Tahunan ), Dibuat dari  Tahun   ……..2006………. Sampai Tahun ……2008……….

b).    Rencana Kerja Tahunan yang Dimiliki,

-          Tahun ………………../ ……………

-          Tahun ………………../ …………

-          Tahun ………………../ ……….

-          Tahun ………………../ ……………

  1. Kepemilikan Dokumen Aspek Pengelolaan Pendidikan.
No. Jenis Dokumen Pengelolaan Pendidikan Ada Tidak
1. KTSP
2. Kalender Pendidikan/Akademik
3. Struktur Organisasi Sekolah
4. Pendayagunaan Pendidik & Tenaga Kependidikan
5. Peraturan Akakdemik
6. Tata Tertib Sekolah/Madrasah
7. Kode Etik Sekolah/Madrasah
8. Biaya Operasi Sekolah/Madrasah

Keterangan : * Isilah dengan Memberi Tanda ( Ö ) pada Kolom Jawaban “Ada” atau “Tidak”.

  1. Kepemilikan Struktur Organisasi Sekolah/Madrasah.
Uraikan Isi Struktur Organisasi Sekolah/Madrasah dan Penjelasan Singkat
  1. Kesesuaian rencana kerja sekolah dengan pelaksanaan.
  2. Dokumen layanan konseling, jenis kegiatan ekstra korikuler,pembinaan prestasi unggulan dan daftar alumni.
  3. Dokumen KTSP,Kaldik,Program Pembelajaran,Penilaian hasil belajar siswa, dan peraturan akademik.
  4. Dokumen pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.
  5. Pengelolaan Program Sarana dan Prasarana Pembelajaran
No. Jenis Program Sarana dan Prasarana Dilakukan Tidak Dilakukan
1. Perencanaan, pemenuhan dan pemberdayagunaan sarpras pendidikan.
2. Evaluasi dan pemeliharaan sarpras dalam mendukung proses pendidikan.
3. Perlengkapan fasilitas pembelajaran pada setiap tingkat kelas.
4. Penyusunan skala prioritas pengembangan fasilitas pendidikan.
5. Pemeliharaan seluruh fasilitas fisik dan peralatan pendidikan.

Keterangan : * Isilah dengan Memberi Tanda ( Ö ) pada Kolom Jawaban “Dilakukan” atau “Tidak”.

  1. Pengelolaan Program Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan.
No. Jenis Program Keuangan dan Pembiayaan Dilakukan Tidak Dilakukan
1. Sumber pemasukan, pengeluaran dan jumlah dana yang dikelola
2. Kewenangan dan tanggung jawab kepala sekolah/madrasah dalam membelanjakan anggaran pendidikan
3. Pembukuan semua penerimaan dan pengeluaran
4. Penggunaan anggaran untuk dilaporkan komite sekolah/madrasah dan institusi di atasnya

Keterangan : * Isilah dengan Memberi Tanda ( Ö ) pada Kolom Jawaban “Dilakukan” atau “Tidak”.

  1. Bentuk Penciptaan Suasana, Iklim dan Lingkungan Pembelajaran Kondusif yang Dilakukan Sekolah/Madrasah.

a). Pelaksanaan tata tertib sekolah

b). Pemberian sanksi bagi pelanggar tata tertib.

c). Pemberian penghargaan.

d). Hubungan baik dengan warga sekolah.

e). Hubungan baik warga sekolah dengan masyarakat.

  1. Bentuk Keterlibatan Masyarakat dalam Membangun Kemitraan dengan Lembaga Lain yang Dilakukan Sekolah/Madrasah.

a).  Pengadaan sarana olah raga ( lapangan bulu tangkis )

b). Usulan beasiswa ( BKKM, yatim/piatu ), GNOTA.

c).  Pengadaan spanduk, umbul-umbul, penghijauan.

d).

  1. Bentuk Sosialisasi Program Pengawasan Kepala Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

a).  Melalui rapat

b).  Melalui diskusi

c).  Melalui supervisi

d).  Melalui evaluasi

e).

Kepemilikan Dokumen Program Pengawasan.

No. Jenis Dokumen Program Pengawasan Ada Tidak
1. Pemantauan
2. Supervisi
3. Evaluasi
4. Pelaporan
5. Tindak Lanjut

Keterangan : * Isilah dengan Memberi Tanda ( Ö ) pada Kolom Jawaban “Ada” atau “Tidak”.

  1. Pelaksanaan Kegiatan Evaluasi Diri Kinerja Sekolah/Madrasah.
No. Jenis Kegiatan Evaluasi Diri
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
  1. Pelaksanaan program Evaluasi Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
No. Jenis Kegiatan Evaluasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
  1. Persiapan Bahan dan / atau Kebutuhan Akreditasi yang Disiapkan.
No. Bahan dan / atau kebutuhan Akreditasi
1. Dokumen perangkat akreditasi
2. Personil
3. Bukti fisik non dokumen
4. Sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk akreditasi
5.
  1. Keberadaan Kepala Sekolah/Madrasah.
No. Pelaksanaan Tupoksi Bidang*
1. Menjabarkan visi ke dalam misi target mutu
2. Merumuskan tujuan dan target mutu yang akan dicapai
3. Menganalisis tantangan, peluang, kekuatan, dan kelemahan sekolah/madrasah
4. Membuat rencana kerja strategis dan rencana kerja tahunan untuk pelaksanaan peningkatan mutu
5. Bertanggung jawab dalam membuat keputusan anggaran sekolah/madrasah
6. Melibatkan guru, komite sekolah dalam pengambilan keputusan penting sekolah/madrasah. Dalam hal sekolah/madrasah swasta pengambilan keputusan tersebut harus melibatkan penyelenggara sekolah/madrasah.
7. Berkomunikasi untuk menciptakan dukungan intensif dari orang tua siswa dan masyarakat
8. Menjaga dan meningkatkan motivasi kerja pendidik dan tenaga kependidikan dengan menggunakan sistem pemberian penghargaan atas prestasi dan sangsi atas pelanggaran peraturan dan kode etik
9. Menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif bagi siswa
10. Bertanggung jawab atas perencanaan partisipatif mengenai pelaksanaan kurikulum
11. Melaksanakan dan merumuskan program supervii, serta memanfaatkan hasil supervisi untuk meningkatkan kinerja sekolah/madrasah
12. Meningkatkan mutu penidikan
13. Memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya
14. Memfasilitasi pengembangan, penyebarluasan dan pelaksanaan visi pembelajaran yang dikomunikasikan dengan baik dan didukung oleh komunitas sekolah/madrasah
15. Membantu, memina dan mempertahankan lingkungan sekolah/madrasah dan program pembelajaran yang kondusif bagi proses belajar siswa dan pertumbuhan profesional para guru dan tenaga kependidikan
16. Menjamin manajemen organisasi dan pengoperasian sumber daya sekolah/madrasah untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, sehat, efisien dan efektif
17. Menjalin kerjasama dengan orang tua siswa dan masyarakat dan komite sekolah/madrasah menanggapi kepentingan dan kebutuhan komunitas yang seragam, dan memobilisasi sumber daya masyarakat
18. Memberi contoh/teladan/tindakan yang bertanggung jawab

* ) Contoh : Bidang Akademik, Sarana dan Prasarana, Kesiswaan, dll.

  1. Sistem Informasi Manajemen ( SIM ) untuk Mendukung Administrasi Pendidikan dengan Fasilitas dan Petugas Khusus.
No. Jenis kegiatan SIM
1.
2.
3.
  1. Standar Pembiayaan
  1. Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah/Madrasah Selama Tiga Tahun Terakhir.
No. Uraian Tahun
2006 2007 2008
PENDAPATAN
1. Anggaran Pemerintah
  • APBN
  • APBD Provinsi
  • APBD Kabupaten/Kota
  • Sumber Anggaran Pemerintah lainnya
2. Dana Masyarakat
  • Biaya Pendidikan Siswa ( SPP )
  • Biaya Pendaftaran
  • Sumbangan Orangtua Siswa
  • Sumber Dana Masyarakat lainnya
3. Donasi
  • Yayasan
  • Hibah ( Block Grant )
  • Sumber Donasi lainnya
4. Pendapatan Lain
  • Penjualan Hasil Produksi
  • Sumber Pendapatan lainnya
TOTAL PENDAPATAN
PENGELUARAN
1. Langsung pada Sekolah/Madrasah
  • Gaji dan tunjangan guru
  • Gaji dan tunjangan tenaga kependidikan
  • Biaya pengembangan guru dan tenaga kependidikan
  • Kegiatan pembelajaran
  • Kegiatan kesiswaan
  • Alat tulis sekolah/madrasah
  • Bahan habis pakai
  • Alat habis pakai
  • Kegiatan rapat
  • Transport dan perjalanan dinas
  • Penggandaan soal-soal ulangan/ujian
  • Daya dan jasa
  • Lainnya
2. Tidak langsung pada sekolah/madrasah
  • Investasi untuk program sekolah/madrasah
  • Lainnya
3. Pengeluaran lain
TOTAL PENGELUARAN
  1. Biaya Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
No. Jenis Kegiatan Pengembangan Jumlah ( Rp )
1.
2.
3.
  1. Anggaran untuk Kebutuhan Pendidikan Selama Satu Tahun Terakhir.
No. Alokasi Anggaran Jumlah ( Rp )
1. Gaji dan tunjangan guru
2. Gaji dan tunjangan tenaga kependidikan
3. Biaya pengembangan guru dan tenaga kependidikan
4 Kegiatan pembelajaran
5 Kegiatan kesiswaan
6. Alat tulis sekolah/madrasah
7. Bahan habis pakai
8. Alat habis pakai
9. Kegiatan rapat
10. Transport dan perjalanan dinas
11. Penggandaan soal-soal ulangan/ujian
12. Daya dan jasa
13. Kegiatan operasi tidak langsung
14. Biaya kebutuhan pendidikan lainnya
  1. Biaya Operasi untuk Guru Pada Tahun Berjalan ( dalam rupiah )
No. Nama Jabatan * Gol ** Gaji Pokok Insentif Tunjangan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
Jumlah
Total

Keterangan : * Jabatan diisi dengan :

  1. Kepala Sekolah/Madrasah ( Kasek/Kamad )
  2. Wakil Kepala Sekolah/Madrasah (Wakasek/Wakamad )
  3. Guru Tetap ( GT )
  4. Guru Tidak Tetap ( GTT )

** hanya untuk Pegawai Negeri Sipil ( PNS )

  1. Biaya Operasi Untuk Tenaga kependidikan pada Tahun Berjalan ( dalam rupiah ).
No. Nama Jabatan * Gol ** Gaji Pokok Insentif Tunjangan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
Jumlah
Total

Keterangan : * Jabatan diisi dengan :

  1. Kepala Sekolah/Madrasah ( Kasek/Kamad )

2.      Wakil Kepala Sekolah/Madrasah (Wakasek/Wakamad )

  1. Guru Tetap ( GT )
  2. Guru Tidak Tetap ( GTT )
  3. Penjaga Sekolah/madrasah ( PS/M )
  4. Tukang Kebun ( TK )
  5. Tenaga Kebersihan ( TB )
  6. Pengemudi ( Pm )
  7. Pesuruh ( Psh ) dan sebagainya

** hanya untuk Pegawai Negeri Sipil ( PNS )

  1. s.d 125
  2. Alokasi Biaya Operasi Sekolah/Madrasah di Luar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
No. Jenis Kegiatan Pengembangan Jumlah ( Rp )
1. Kegiatan pembelajaran
2. Kegiatan kesiswaan
3. Alat tulis sekolah/madrasah
4. Bahan habis pakai
5. Alat habis pakai
6. Kegiatan rapat
7. Transport dan perjalanan dina
8. Penggandaan soal-soal ulangan/ujian
9. Daya dan jasa
10. Kegiatan operasi tidak langsung
  1. Alokasi Biaya operasi sekolah( bukti pengeluaran/kwitansi)
  2. SK Kepala Sekolah
  3. Biaya Pendaftaran Ulang Siswa Setiap Awal Tahun
No. Kelas Besar Biaya Pendaftaran Jumlah ( Rp )
1. Kelas 1-3
2. Kelas 4-6
  1. Biaya Subsidi Silang Meliputi : Pengurangan dan Pembebaan Biaya Pendidikan, Pemberia Bea Siswa dan Bentuk Biaya Lainnya.
No. Tahun Jumlah Siswa Layak Terima Jumlah Siswa Penerima
1.
2.
3.
4.
Jumlah
  1. Pungutan Biaya Setoran Personal di Samping Uang Sekolah/Madrasah.
No. Jenis Pungutan Jumlah ( Rp ) per tahun
1.
2.
3.
4.
  1. Pengambilan Keputusan Untuk Menarik atau Tidak Menarik Biaya Personal.
No. Pihak yang Dilibatkan
1.
2.
3.
  1. Papan Kas sekolah
  2. Kepemilikan Pedoman Pengelolaan Keuangan Selama Empat Tahun Terakhir.
No. Kepemilikan Tahun Kepemilikan
20.. 20 20 20
1. Pedoman Pengelolaan Keuangan

Keterangan : * Isilah dengan Memberi Tanda ( Ö ) pada Kolom Jawaban  “20….”

  1. Dilaksanakan Pembukuan Biaya Operasi Selama Tiga Tahun Terakhir.
No. Dilaksanakan Tahun Kepemilikan
20.. 20 20 20
1. Pembukuan Biaya Operasional

Keterangan : * Isilah dengan Memberi Tanda ( Ö ) pada Kolom Jawaban  “20….”, jika dilaksanakan.

  1. Pembuatan Laporan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Selama Empat Tahun Terakhir.
No. Dilaksanakan Tahun Kepemilikan
20.. 20 20 20
1. Laporan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan

Keterangan : * Isilah dengan Memberi Tanda ( Ö ) pada Kolom Jawaban  “20….”

  1. Standar Penilaian
  1. Sosialisasi Rancangan dan Kriteria Penilaian.
No. Nama Guru Mata Pelajaran yang Diajarkan Cara Sosialisasi yang Dilakukan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
  1. Silabus Mata Pelajaran.
No. Silabus Mata Pelajaran Kesesuaian KD, Indikator, dan Teknik Penilaian*
Sangat Sesuai Sesuai Tidak Sesuai
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.

Keterangan : * Isilah dengan Memberi Tanda ( Ö ) sesuai engan “Kualitas Silabus “.

  1. Instrumen dan Pedoman Penilaian yang Dikembangkan oleh Guru.
No. Nama Guru Mata Pelajaran yang Diajarkan Instrumen dan Pedoman Penilaian yang telah Dibuat
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
  1. Teknik Penilaian.
No. Nama Guru Mata Pelajaran Teknik Penilaian yang Digunakan*
Tes Pengamatan Penugasan Porto

folio

Lain

Nya

1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
  1. Pengelolaan Hasil Penilaian.
No. Nama Guru Mata Pelajaran Bentuk dari Bukti Pengolahan hasil Penilaian
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
  1. Daftar Guru yang Mengembalikan Hasil Pekerjaan Siswa.
No. Nama Guru Mata Pelajaran Jumlah Hasil Pekerjaan Siswa yang Dikembalikan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
  1. Daftar Guru yang Melaksanakan Program Remedial dan Pengayaan.
No. Nama Guru Mata Pelajaran Keterangan Program Remedial dan Pengayaan yang Dilakukan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
  1. Pelaporan Hasil Penilaian mata Pelajaran pada Akhir Semester ( yang baru selesai ).
No. Kategori Jumlah
1. Guru yang sudah melaporkan
2. Guru yang belum melaporkan
Jumlah
  1. Pelaporan Hasil Penilaian Akhlak Siswa pada Akhir Semester ( yang baru selesai ) dari Guru di Luar Guru Agama.
No. Kategori Jumlah
1. Guru yang sudah melaporkan
2. Guru yang belum melaporkan
Jumlah
  1. Pelaporan Hasil Penilaian Kepribadian Siswa pada Akhir Semester ( yang baru selesai ) dari Guru di Luar Guru Kewarganegaraan.
No. Kategori Jumlah
1. Guru yang sudah melaporkan
2. Guru yang belum melaporkan
Jumlah
  1. Koordinasi Ulangan Tengah, Akhir Semester dan kenaikan Kelas.
No. Acara Tanggal Rapat Jumlah yang Hadir Hasil Putusan Rapat
1. Koordinasi ulangan tengah, akhir semester dan kenaikan kelas
  1. Penentuan Kriteria Kenaikan kelas.
No. Acara Tanggal Rapat Jumlah yang Hadir Hasil Putusan Rapat
1. Penentuan Kriteria Kenaikan kelas
  1. Penentuan Nilai Akhir Kelompok Mata Pelajaran Estetika dan Kelompok Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan.
No. Acara Tanggal Rapat Jumlah yang Hadir Hasil Putusan Rapat
1. Penentuan nilai akhir kelompok mata pelajaran tersebut di atas
  1. Penentuan Nilai Akhir Kelompok Mata Pelajaran Agama dan Akhlak Mulia, Kewarganegaraan dan Kepribadaian, Iptek, Estetika, serta Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan.
No. Acara Tanggal Rapat Jumlah yang Hadir Hasil Putusan Rapat
1. Penentuan nilai akhir kelompok mata pelajaran tersebut di atas
  1. Laporan hasil penilaian setiap akhir semester kepada orang tua/wali siswa.
No. Kegiatan Pokok yang Dilakukan
1.
2.
3.
4.
5.
  1. Arsip laporan hasil belajar.
  2. Dokumen rapat tetang kelulusan
  3. Nilai Rata-rata Kriteria Kelulusan :
  4. Nilai Minimal Mata Pelajaran :
  5. Penertiban dan Penyerahan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUASBN ).
No. Tanggal Pengumuman Hasil UN Tanggal Penyerahan SKHUASBN Selisih Hari
1.
  1. Penerbitan dan penyerahan Ijazah.
No. Tanggal Blanko Diterima Tanggal Penyerahan Ijazah Selisih Hari
1.
  1. hal-hal yang Dipertimbangkan dalam Selkeksi penerimaan Siswa Baru.
No. Hal-hal yang Dipertimbangkan
1.
2.
3.
4.
5.

MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

( …………………………………)

Salinan sesuai dengan aslinya.

Kepala Biro Hukum dan Organisani

Departemen Pendidikan Nasional,

(…………………………..)

NIP. 131661823

About these ads

~ oleh deeyan7 pada 6 Maret 2010.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: